Minggu, 16 Desember 2012

CONTOH RPP BERKARAKTER

Jadi guru itu kelihatan mudah namun pada pelaksanaanya sangat sulit, harus memahami setiap karakter dari siswa dan mencoba membangkitkan semangat belajarnya untuk memahami konsep-konsep yang akan kita sampaikan agar itu semua berjalan dengan efektif dan efisien maka memerlukan persiapan yang matang. salah satu persiapan guru ditandai dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
dari tahun ke tahun pemerintah selalu berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan perombakan kurikulum yang di pakai serta pengawasan terhadap teknisnya dilapangan, seperti yang sekarang sedang ramai di perbincangkan di dunia pendidikan yaitu mengenai RPP Berkarakter untuk mengembangkan konsep sekaligus membentuk karakter siswa. berikut ini contoh dari RPP Berkarakter :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                           Nama Sekolah            : SMAN 26 Bandung
Mata Pelajaran          : Kimia
Kelas/Semester         : X/I
Materi                       : Sistem Periodik Unsur
Waktu                      : 2 x 45 menit Jam pelajaran
I.              Standar Kompetensi
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.
(Religius, disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

II.           Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
(Religius, disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

III.        Indikator
1.   Menjelaskan tabel periodik menurut Dobereiner, J. Newlands, Mendeleev dan tabel periodik modern
2.        Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur di dalam tabel periodik
3.        Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya
4.        Menjelaskan pengertian golongan dan periode pada tabel periodik modern

 (Religius, disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

IV.        Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat :
1.      Menjelaskan tabel periodik menurut Dobereiner, J. Newlands, Mendeleev dan tabel periodik modern
2.      Menjelaskan dasar pengelompokkan unsur-unsur
3.      Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
4.      Menjelaskan pengertian golongan dan periode pada tabel periodik modern.

(Religius, disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, demokratis)

V.  Materi Pembelajaran
a.    Materi Prasyarat
1.    Partikel penyusun atom (elektron, proton, neutron)
2.    Nomor Atom dan Nomor Massa

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA BISA DOWNLOAD DI SINI :



0 komentar:

Posting Komentar