Minggu, 16 Desember 2012

Media Pembelajaran Kimia

Media Pembelajaran



Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.
Jadi apapun alat yang dapat membantu/mempermudah guru untuk menyampaikan suatu konsep kepada siswa itu bisa di sebut media pembelajaran, walaupun bisa berbentuk batu atau daun sekalipun. Apa lagi pada konsep-konsep pelajaran kimia yang kompleks dan cenderung abstrak lebih banyak simbol-simbol sehingga sangat sulit untuk memahaminya,maka sangat di butuhkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu/mempermudah memahami kosep-konsep tersebut.
Pada kesempatan ini saya akan mencoba menshare beberapa media pembelajaran kimia berupa animasi flash dan video mudah-mudahan bermanfaat apalagi untuk anda yang ingin memahami lebih jauh tentang materi kimia.


download media pembelajaran kimia

  1. Alkali dan Alkali Tanah
  2. Asam Basa
  3. Elaktrokimia
  4. Halogen
  5. Hidrolisis Garam Dalam Air
  6. Hukum Gay Lussac dan Avogadro
  7. Hukum Hess
  8. Ikatan Kovalen Polar dan Non Polar
  9. Ion Kompleks
  10. Karbon dan Senyawanya
  11. Kegagalan Oktet
  12. Kesetimbangan kelarutan
segini dulu deh, butuh lebih banyak kirim saja lewat e-mail atau tulis di komentar!
tak lupa saya ucapkan terimakasih banyak untuk pembuat animasi flash ini sehingga kita bisa lebih mudah memahami konsep-konsep kimia.

kimia itu ternyata sangat dekat dengan kehidupan kita bahkan kita sendiri dapat di jelaskan lewat kimia, namun terkadang ini menjadi sangat asing ketika kita tidak tahu ilmunya.mudah-mudahan dengan adanya media pembelajaran kimia ini dapat mengerti konsep kimia , mengenal diri sendiri dan sang pencipta.amin!


7 komentar:

  1. maaf mas,, bisa bantu gak bagaimana cara download media pembelajaran kimia?
    saya bingung pake shared
    tolong hubungi saya ke email:
    sri_lestari132@yahoo.co.id
    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. media nya berbentuk apa?PPT, Flash atau apa? biasanya kalau di 4shared harus log in dulu di 4shared nya baru bisa download....mf baru kebuka

      Hapus
  2. Mas... tolong buatin media pembelajaran kimia. Yg berbentuk Software . Bisa ga ??

    BalasHapus
  3. Kang kalau media larutan elektrolit dan non elektrolit boleh di kirim ke email saya lathifaud@gmail.com

    Hatur nuhun

    BalasHapus
  4. Kang kalau media larutan elektrolit dan non elektrolit boleh di kirim ke email saya lathifaud@gmail.com

    Hatur nuhun

    BalasHapus