Minggu, 16 Desember 2012

Pembuatan Youghurt


Tahu kah kalian bahwa ternyata membuat youghurt itu sangat mudah, contohnya yo chem salah satu produk dari wirus hamka (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia) UIN SGD Bandung yang di pasarkan ketika acara lomba stand senat di education Fair 2012. Youghurt ini banyak sekali manfaatnya di antaranya dapat melancarkan proses pencernaan serta kandungan gizi yang tinggi karena memang bahan dasarnya adalah susu yang kaya akan protein. Youghurt ini adalah hasil permentasi dari susu dengan bakteri lactobacilus bulgaricus dan streptoccus thermophiles yang dapat mengubah laktosa pada susu menjadi asam laktat sehingga rasanya berasa asam.
Alat dan Bahan dalam pembuatan youghurt anda dapat menggunakan :
1.       Wadah kaca
2.       Pemanas
3.       Pengaduk
4.       Susu murni
5.       Bibit youghurt
6.       Sirup/buah sebagai tambahan
Prosedur kerjanya yaitu:
1.       Siapkan susu yang sudah di cairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2.       Masak dengan api kecil sambil di aduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Hal ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentukk gumpalan atau solid youghurt.
3.       Jika sudah, solid youghurt lalu diangkat dan  didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit youghurt sebanyak 2-5% dari jumlah youghurt yang sudah mengental tadi. Bibit youghurt memang tidak di jual di pasaran tetapi dapat di peroleh di salah satu toko. Atau secara sederhana kita dapat menggunakan youghurt yang plain (tanpa rasa tambahan),tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit youghurt.
4.       Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
5.       Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit, dan youghurt yang di hasilkan semakin baguus. Solid youghurt yang belumm di berikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit youghurt untuk pembuatan selanjutnya.
6.       Setelah berbentuk youghurt dapat di tambahkan sirup atau gula bagi yang tidak kuat asam, bahkan bisa di tambahkan dengan tammbahan makanan seperti rasa jeruk, straberry dan leci yang dapat kita peroleh di apotek-apotek. Youghurt dapat disajikan tidak hanya sebagai minuman tetapi juga dapat disajikan bersama salad buah sebagai sausnya ataupun sebagai bahan campuran es buah.
7.       Youghurt yang sudah jadi dapat di tempatkan pada wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita inggin menggunakan plastik sebaiknya yang aak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan youghurt untuk waktu yang lama sebaiknya menggunaan wadah kaca saja.

Nah demikian kawan-kawan cara pembuatan youghurt mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membuat kawan-kawan menjadi lebih kreatif ditengah maraknya makanan yang di oplos dengan bahan kimia bahaya yang meracuni tubuh.  Karena makanan yang paling aman itu adalah makanan buatan sendiri. Yu kita buat youghurt!!!


Referensi            : Nursa’adah,Euis.2012.Penuntun Praktikum Kimia Indusri.Bandung: Pendidikan Kimia



0 komentar:

Poskan Komentar